Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Aplikasi Input Data di Excel

 

Cara Membuat Aplikasi Input Data di Excel

Ilustrasi input data di Excel
Mengetahui cara membuat aplikasi input data di Excel bisa memudahkan kamu yang berkecimpung pada pekerjaan administrasi, terutama jika kamu harus selalu menginput data di Excel.
Microsoft Excel memang dipakai untuk mengolah data, baik berupa angka atau huruf. Hal ini karena fitur-fitur di Excel memang difungsikan untuk pengolahan data serta aplikasi ini dilengkapi dengan rumus yang membuat perhitungan lebih cepat dan akurat.
Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana langkah membuat aplikasi input data di Excel, maka ada beberapa tahap yang harus diikuti. Mulai dari membuat tabelnya terlebih dahulu hingga mengaktifkan form input data.
Yuk, simak artikel cara input data di Excel dengan cepat lewat artikel How To Tekno kali ini. Kamu juga bisa langsung mempraktikkan dan menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Cara Membuat Aplikasi Input Data di Excel

Berikut adalah tutorial cara membuat aplikasi input data di Excel yang dikutip dari laman How To Excel:

1. Membuat Tabel

Meskipun Excel sudah berbentuk tabel, tetapi saat membuat aplikasi input data kamu harus membuat tabel yang berfungsi sebagai tempat untuk data-data yang telah diinput. Caranya adalah:
  1. Pada aplikasi Microsoft Excel yang sudah terbuka, klik tab 'Sisipkan' dan pilih 'Tabel'. Selanjutnya, block beberapa sel di mana tabel tersebut akan diletakkan. Jika sudah klik 'OK'.
Cara Membuat Aplikasi Input Data di Excel (1)
searchPerbesar
Cara membuat aplikasi input data dengan Excel.
  1. Setelah tabel berhasil terbentuk, ubah nama setiap kolomnya, cukup dengan klik pada sel yang akan diganti dan ketik sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa mengubah ukuran tiap kolom.
Cara Membuat Aplikasi Input Data di Excel (2)
searchPerbesar
Cara membuat aplikasi input data dengan Excel.
Jika tabel sudah siap, kamu bisa melanjutkan proses membuat aplikasi input data di Excel.

2. Membuat Form Input Data

Agar proses input data lebih mudah dan cepat, kamu bisa mengaktifkan fitur formulir di Excel. Sehingga, jika data yang akan di-input cukup banyak, kamu tidak perlu lagi scroll ke bawah hanya untuk input data baru.
  1. Aktifkan bilah akses cepat untuk 'Formulir' dengan klik kanan mouse di bagian bilah atas dan pilih 'Kustomisasi Pita'.
  2. Setelah muncul jendela 'Opsi Excel', klik tab 'Bilah Alat Akses Cepat' dan ubah bagian 'Pilih Perintah dari' menjadi 'Perintah Tidak dalam Pita'.
  3. Cari 'Formulir' dan klik 'Tambah'. Jangan lupa untuk klik tombol 'OK'.
Cara Membuat Aplikasi Input Data di Excel (3)
searchPerbesar
Cara membuat aplikasi input data dengan Excel.
  1. Sekarang, kamu bisa memasukkan data dengan cepat lewat aplikasi input data pada Microsoft Excel yang sudah dibuat. Kamu cukup buka file Excel tersebut dan klik ikon kotak di dekat tombol undo dan redo.
Cara Membuat Aplikasi Input Data di Excel (4)
searchPerbesar
Cara membuat aplikasi input data dengan Excel.
  1. Isi data-data pada jendela yang muncul, maka data tersebut akan otomatis ter-input ke tabel yang sudah kamu siapkan.
Sekarang kamu sudah tahu cara membuat aplikasi input data di Excel. Dengan begitu, pekerjaan input data kamu akan semakin cepat dan mudah. Selamat mencoba!